Menggunakan Ponsel Pada Malam Hari Bisa Akibatkan Buta

Efatax - Menggunakan ponsel Pada malam hari bisa akibatkan kebutaan, inilah trending kali ini. Tanpa mata bisa dibayangkan bagaimana melangsungkan kehidupan ini.

Kebutuhan kesehatan mata sangatlah penting bagi setiap manusia. Mungkin Kita beruntung dengan mata yang sehat, maka olehnya sebisanya jagalah mata sebai -baiknya, dan jangan terlupakan untuk indra yang satu ini.

Indra mata sangat penting sekali kita jaga untuk selalu sehat, karna jika mata rusak atau buta sudah pasti kita tahu apa akibat negatifnya untuk kehidupan kedepannya.
  
Memang pada malam hari menjelang tidur bermain dengan ponsel sangat mengasikkan, seperti media sosial, game dan sebagainya tentang penggunaan ponsel. 

Hal ini memang jarang dipahami kalau efek dari bermain ponsel pada malam hari memberikan efek negatif pada mata. Kenapa negatif?, karena malam hari sebiasanya gelap yang menimbulkan efek negatifnya.

Menurut study yang diterbitkan The New England Journal of Medicine, menjelaskan kalau cahaya yang ditimbulkan ponsel pada mata sangat berbahaya walau pada waktu sementara.

Dalam sebuah kasus yang diterangkan, seorang wanita berumur 22 tahun mengalami kebutaan pada sebelah kanan-Nya, tapi hanya pada malam hari saja.

Kemudian si wanita 22 tahun itu memeriksakan matanya dengan waktu sudah berbulan - bulan, tetapi dokter yang menangani tidak dapat menyimpulkan penyebab mata kanan wanita yang buta sementara disebabkan oleh apa.

Selanjutnya pada wanita berusia 40 tahun juga mengalami kebutaan disebelah matanya selama 15 menit, setelah wanita itu bangun dipagi hari. Oleh dokter sulit menyimpulkan apa penyebab terjadinya kebutaan sementara itu.

Pada penyimpulan oleh ahli yang menangani masalah ini dapat menyimpulkan kedua kasus itu. Pada kedua wanita itu mengalami tidur malam pada kegelapan sambil posisi tertidur dengan menggunakan ponsel.

Yang membuat lebih heran lagi, pada kedua wanita yang diterangkan, bahwa pada posisi mereka sama - sama berbaring.

Setelah disimpulkan, bahwa pada cahaya ruang dengan berbaring penglihatan lebih fokus pada satu penglihatan, hal ini yang disebut "Pemutihan Photo Pigment", artinya, satu mata akan menyesuaikan pada cahaya terang yang dikeluarkan layar ponsel. 

Sementara mata yang satu lagi fokus pada gelap karena tertutup oleh bantal, selimut dan benda lain yang berada pada berbaringnya wanita itu.

Ada khabar baiknya dari persoalan tersebut, jika Kamu melihat ponsel sebelum terlelap pada tidur, gunakanlah indra mata rata antara mata kanan dan mata kiri memandang layar ponsel, sebaiknya kurangi seting kecerahan layar pada ponsel agar lebih redup pada pandangan mata.

Jadi ada kalanya lebih baik menggunakan ponsel pada ruangan atau cahaya yang ada daripada ruangan yang gelap. Sebisanya biasakan jangan sampai berlama - lama menggunakan ponsel, karena akan lebih menjaga kesehatan mata.

Dengan membiasakan disiplin penggunaan ponsel, mudah - mudahan mata dapat lebih baik daripada tidak disiplin. 

Demikian postingan ini disampaikan semoga dapat membantu Kamu dalam penggunaan ponsel untuk kesehatan mata. Dan terima kasih telah berkunjung.

Baca juga dibawah ini,

1 Tanggapan untuk "Menggunakan Ponsel Pada Malam Hari Bisa Akibatkan Buta"

  1. Terima kasih infonya ya, moga kita shat semua...

    ReplyDelete