10 Tip Cara Hadapi Pertanyaan Anak

Efatax - Tips atau cara menghadapi pertanyaan anak, inilah trending kali ini.

Seiring dengan pertumbuhan tubuh dan otak maka anak-anak sering ingin tahu tentang apa yang ada di lingkungan terdekatnya.

Oleh karena perkembangan tersebut baiknya Deddy dan mom harus dapat menanggapinya dengan cara yang benar.
Memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. 

Seringkali muncul beberapa pertanyaan tentang seks dari si buah hati.
Nah, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghadapi beragam pertanyaan tersebut, seperti;

1. Pastikan memberikan jawaban sesuaikan dengan gender anaknya misal, Deddy pada putranya, dan Moms pada putrinya.

2. Orang tua harus kompak terhadap nilai, budaya dan batasan-batasan etis.

3. Anak hanya menginginkan informasi yang umum, bukan penjelasan detil teknisnya. Jadi beri penjelasan tambahan jika anak menginginkannya.

4. Apabila anak bertanya di tempat umum beri pengertian bahwa Anda akan menjawabnya saat di rumah. Bagian dari sex edukasi adalah mempelajari kapan dan dimana topik tersebut pantas dibahas.

5. Anak-anak hanya dapat memikirkan hal-hal yang konkret. Maka, berikan jawaban yang benar secara sederhana, jangan membuatnya bingung.

6. Sediakan waktu untuk berdiskusi dengan anak, jangan sampai anak mendapatkan informasi mengenai seks dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.

7. Pada saat anak berusia 2 - 3 tahun bisa diajarkan mengenai nama-nama anggota tubuh termasuk alat kelamin. Gunakan bahasa ilmiah yang tidak vulgar.

8. Jangan takut memberikan pendidikan seks secara dini. Seks tidak selalu berarti hubungan seksual karena seks sama dengan jenis kelamin.

9. Semakin anak bertambah dewasa, beri pengertian bahwa tidak pantas untuk menyentuh alat kelamin orang lain, dan orang lain juga tidak boleh menyentuh kelamin mereka.

10. Anak balita pada dasarnya hanya ingin memastikan bahwa mereka memiliki anggota tubuh yang sama dengan orang lainnya. Dengan memberi nama seperti "burung" untuk alat kelamin laki-laki, justru mereka akan merasa ada sesuatu yang aneh dengan anggota tubuh tersebut.

Demikian penjelasan tentang menghadapi pertanyaan anak. Semoga dapat membantu Terima kasih telah berkunjung.

Baca juga dibawah ini,

Belum ada tanggapan untuk "10 Tip Cara Hadapi Pertanyaan Anak"

Post a Comment