Cara Memperbaiki Baterai Atau Aki Basah Mobil dan Motor

Efafax - cara memperbaiki baterai  atau aki mobil dan motor inilah bahasan kali ini.
Sering sekali masalah pada baterai basah pada kendaraan seperti mobil dan sepeda motor mengalami kerusakan.

Jika baterai mobil atau juga sepeda motor ngedrop atau rusak banyak sekali orang selalu menggantikan dengan yang baru.
Tetapi jangan pernah buru-buru untuk mengganti baterai basah kamu dengan yang baru.

Ada baiknya kamu mencoba untuk memperbaiki ataupun servis baterai basah kamu tadinya dengan cara-cara seperti diterangkan dibawah ini.

Untuk memperbaiki baterai yang rusak tadi bisa kamu lakukan dengan cara pembersihan dari kotoran-kotoran atau trak yang ada pada dalam baterai basah kamu.

Tetapi dalam hal ini tidak dipastikan 100% akan kembali baik pada baterai kamu, tetapi bergantung pada kondisi baterai kamu yang rusak tadinya.

Pengalaman saya dari baterai motor dan mobil yang pernah saya lakukan dengan cara-cara di bawah nanti akan diterangkan mempunyai keberhasilan 100% dengan kondisi baterai basah yang saya punya pada saat itu posisi ngedrop dan tidak bisa dipergunakan untuk stater bahkan untuk menghidupkan dengan cara mendorong.

Baiklah kembali kepada topik awal memperbaiki baterai basah, 

Bahan apa saja yang akan dipersiapkan?

=>Air biasa dengan wadah perebusan air=>Air aki yang berwarna merah,( air aki ada yang berwarna merah dan berwarna putih untuk simbolnya)=>Obat sakit kepala Bodrex
Kemudian bahan-bahan tersebut akan diolah untuk memperbaiki aki kamu yang sudah rusak, cara memperbaiki baterai basah kamu yang rusak;
=>Bukalah baterai mobil kamu atau sepeda motor dengan pertama sekali membuka negatifnya selanjutnya setelah negatifnya sudah terbuka kemudian Bukalah kabel positifnya pada baterai tadi.=>Setelah baterai sudah dilepas dari dudukan mobil atau motor kamu, kemudian Bukalah penutup baterai dan buang kan semua isi dari air baterai yang ada.
Hati-hati dengan air baterai ini sangat berbahaya sebaiknya dibuang pada tempat-tempat yang tidak berbahaya .=>Rebuslah air biasa sampai mendidih,
Air ini nanti dipergunakan untuk dimasukan pada lubang-lubang baterai yang sudah kamu buang isi air aki nya.
Air ini nanti dipergunakan untuk dimasukan pada lubang-lubang baterai yang sudah kamu buang isi air aki nya.Bila air sudah mendidih masukkan air panas perlahan ke lubang-lubang baterai jangan sampai penuh karena akan disisakan ruang untuk meng kocak di dalam baterai untuk pembersihan Kotoran Kotoran atau serat yang ada pada baterai basah kamu.
Kemudian setelah bersih air panas tadi Tutup kembali baterai dengan baut penutup baterai setelah sudah tertutup kocak kocak atau goyang-goyang baterainya agar air di dalam baterai tadi dapat membersihkan kotoran-kotoran.Setelahnya Bukalah penutup baterai kembali dan Buanglah air yang ada di dalamnya akan terlihat kotoran-kotoran akan keluar dari dalam bakteri tadi bersama dengan air panas. Kemudian lakukan 3 atau 4 kali dengan cara yang sama untuk membersihkan dalaman baterai.=>Setelah dalam baterai basah kamu sudah bersih oleh air panas keringkanlah baterai tadi dengan cara menelungkupkan baterai kamu dengan posisi lubang-lubang pengisian ke bawah.pengeringan dapat dilakukan selama 3 jam. Lebih baik jika kamu mengeringkan nya dengan 2 sampai 3 hari dengan posisi telungkup dan tidak di tempat panas tidak ditempat lembab (suhu kamar).=>Setelah baterai kamu anggap sudah mengering masukkan terlebih dahulu air aki setengah dari isi baterai kamu. Kemudian buang lagi airnya.Nah lantas masukkan kembali air baterai yang berwarna merah atau air baterai yang pertama kali dimasukkan sampai ukuran UP ukuran baterai yang tertinggi.=>Kemudian ambil  Bodrex dimasukkan ke dalam masing-masing lubang baterai 1 butir ke satu lubang tetapi sebelum memasukkan terlebih dahulu haluskan Bodrex atau obat pening tadi.Fungsi dari pada obat pening ini atau Bodrex sebagai katalisator untuk penyempurnaan tegangan baterai.=>Tutup kembali baut baterai dengan rapat. Kemudian biarkan baterai tersebut beberapa jam, setelahnya pasang kembali baterai pada dudukannya di kendaraan.=>Terlebih dahulu masukkan  positif dulu baru yang negatif jangan sampai terbalik. Kemudian coba kan pada motor kamu atau juga mobil tetapi untuk kasus mobil agak susah menghidupkan mesin dengan cara starter sebelum di charger tetapi kadangkala bisa juga langsung di starter.
Kalaupun umpamanya untuk mobil tidak bisa distarter tanpa di charger, kamu bisa mendorong mobil kamu kemudian setelah hidup otomat carger mobil akan mengambil alih untuk mencharger baterai yang ada di mobil. 

Tetapi kalau cara mendorong mobil juga susah baterai kamu Tadi di charger dulu baru dipergunakan.

Demikianlah cara memperbaiki baterai basah kamu Semoga dapat membantu dan cobalah untuk memperbaiki baterai kamu sebelum membeli yang baru, semoga artikel ini dapat membantu kamu dan terima kasih telah berkunjung.

Baca juga dibawah ini,

Belum ada tanggapan untuk "Cara Memperbaiki Baterai Atau Aki Basah Mobil dan Motor"

Post a Comment