Apa 6 Efek Atau Akibat Memecahkan Jerawat


Efatax - Efek atau akibat memecahkan jerawat banyak yang kurang menghiraukan hal ini.

Selagi bersantai atau lagi apa saja yang dilakukan, terkadang tangan selalu menuju wajah dan ketika tangan ke wajah jari mulai meraba ternyata merasakan adanya benjolan kecil diwajah.

Setelah dirasa dengan jari ternyata sudah pasti benjolan, mulailah jari dan tidak ketinggalan kukupun mulai beraksi bersatu memencet benjolan yang ada tadi.

Mulailah pusat perhatian benjolan kecil dengan memencet dan tidak ketinggalan sentakan wajah merasakan sakit dan mulutpun mengeluarkan suara "sssttt,,," bertanda merasakan sakit.

Selanjutnya tangan mengarah kebawah dan melihat kearah tangan yang dihapit oleh kuku tadi, ternyata ada komedo ataupun nanah bercampur darah.

Nah, itulah yang disebut jerawat. Pada umumnya jerawat hadir pada usia 11 tahun sampai 21 tahun, tetapi tidak mutlak hanya pada usia itu, hanya kebanyakan penderita jerawat di usia itu.

Apa itu jerawat?

Pertanyaan ini sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi Kamu dan Kamu sudah mengetahui. 

Bagi yang belum mengetahui, mari Kita lihat apa itu jerawat. Jerawat (acne vulgaris, vulgaris) adalah: 

Gangguan pada kulit yang terjadi ketika minyak dan sel-sel kulit mati ditambah berbagai kotoran dari luar menyumbat pori-pori.

Ciri - cirinya, adanya benjolan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam atau bintik merah juga menghitam sampai bernanah.

Biasanya ini timbul hampir disemua tubuh terutama diwajah, leher dan badan.

Kembali ke judul kenapa Kamu dilarang memecahkan jerawat?.

Efek yang akan ditimbulkan ketika memecahkan jerawat:


=> Akan meninggalkan bekas luka dibagian yang Kamu pencet.
Memecahkan jerawat dapat meninggalkan luka berbekas yang lama kelamaan akan menghitam yang mengurangi kecantikan atau ketampanan Kamu.
Jadi usahakan agar jerawat yang ada dibiarkan saja sampai pecah dengan alami, hanya yang perlu Kamu lakukan membersihkan dengan pembersih wajah yang alami lebih baik.

=> Dapat mengakibatkan peradangan 
Memecahkan jerawat dengan cara memaksa, artinya belum matang sudah dipecahkan, dapat berakibat buruk seperti peradangan dan akan mengakibatkan jerawat besar dan jerawat baru yang seperti kemerahan dengan nanah yang bisa menimbulkan infeksi.

=>Dapat menimbulkan lubang - lubang 
Pada saat jerawat dipecahkan walau dengan cara apapun tanpa proses keluar sendiri komedo jerawat atau alami penyembuhannya, maka dipastikan hasil pecahan yang dilakukan akan menimbulkan lubang - lubang bekas pencetannya dikemudian hari.
Ini dikarenakan pemaksaan pemecahan yang seharusnya dengan alami dimana lubang tempat komedo dipori sudah kembali pulih dengan terangkatnya komedo menuju atas kulit secara alami, tetapi ini dipaksa dengan memecahkannya.

=>Masa penyembuhan lebih lama dari keadaan alami pengeluaran komedo 
Sebiasanya untuk jerawat yang ada, dapat sembuh dalam kurun waktu satu minggu, tetapi jika Kamu memecahkan sebelum menua atau cara alami sendiri, maka dipastikan penyembuhan melebihi satu minggu.
Ini dikarenakan adanya luka baru dari hasil pemecahan jerawat sebelum pecah secara alami.

=>Menimbulkan munculnya jerawat baru
Jika Kamu memecahkan jerawat maka hasil pecahan akan mengeluarkan cairan, cairan inilah yang nantinya akan menimbulkan jerawat baru di tempat berbeda.
Banyak yang mengatakan kalau cairan bekas jerawat tidak berefek, namun kenyataan ini benar adanya, dikarenakan cairan tadi masuk kepori - pori lain, apalagi tidak dibersihkan dengan benar - benar bersih.

=>Menimbulkan belang di kulit
Kulit bekas dari jerawat jika pecah dengan sendirinya akan menimbulkan perubahan warna. Seperti warna bercak kehitaman, tetapi itu bisa hilang dengan sendirinya sesuai waktunya yang akan kembali normal seperti warna kulit lainnya. 
Tetapi lain kasusnya ketika jerawat dipecahkan akan berakibat warna belang pada kulit bekas jerawat, kemungkinannya hasil pecahan ini jarang akan kembali kepada warna kulit semula, kebanyakan menghasilkan warna belang dikulit karena bekas jerawat tadi.
Dari penjelasan diatas, Kamu telah mengetahui bahwa beberapa efek pemecahan jerawat tidak baik buat Kamu.

Semoga penyampaian ini menjadi suatu masukan baru buat Kamu dan dapat diketahui sebagai pengetahuan tentang efek memecahkan jerawat. Semoga bermafaat buat Kamu dan terima kasih telah berkunjung.

Baca juga dibawah ini,

Belum ada tanggapan untuk "Apa 6 Efek Atau Akibat Memecahkan Jerawat"

Post a Comment