7 Cara Menghemat Atau Mengirit Minyak Dan Mengencangkan Motor

Efatax - Cara mengirit atau menghemat minyak dan mengencangkan motor.
Motor adalah kendaraan yang perfek digunakan saat ini, dimana kondisi macet sekarang ini membuat sulit untuk mengejar waktu yang sudah ditentukan.

Dengan mengendarai motor lebih irit dibandingkan dengan mengendarai mobil.
Saat ini motor suatu kebutuhan primer disetiap orang dewasa.

Motor memiliki kecepatan menempuh jarak dan tidak sulit untuk mendahului pengendara mobil dikarenakan macet, juga untuk parkir sangat mudah.
Sebagian orang ingin mempercepat motornya atau juga mengirit minyak agar lebih baik dari keadaan motor pada awalnya.

Kemudian dengan menambah kecepatan maka tujuan ataupun menyalip untuk mengejar waktu lebih enak, apalagi minyak irit pastilah keinginan pengendara motor.

Untuk itulah Kita akan membahas bagaimana cara mengencangkan motor serta menghemat bahan bakar.

Baiklah tanpa basa basi lagi Kita masuk ke topik yaitu mengencangkan dan mengirit bahan bakar sepeda motor.

1. Porting dan polish
Porting dan polish adalah istilah automotif yang artinya: Proses perbaikan untuk memberikan tenaga dengan cara memapas atau menghaluskan dinding lubang bagian dalam (intake) dan (exhaust) pada ruang bakar.

Teknisnya dengan bor tuner pada porting polish ini Kamu bisa melihatnya untuk pertama sekali dilakukan.

Porting polish dilakukan di bagian head. Ini berfungsi untuk memperlancar isap buang pada saat terjadi pembakaran didalam mesin sepeda motor.

Jarang sekali produsen motor memperhatikan head ini, padahal kalau misalnya ini diperhatikan pabrikan maka ini hal yang baik untuk  melakukan efisiensi, hal ini sangat penting dikarenakan porting polish berfungsi untuk perbaikan nafas dan tenaga mesin sepeda motor.

Juga berfungsi untuk proses isap buang lebih efisien, maka kecepatan dan pengiritan bahan bakar lebih baik.


2. Papas head
Kamu juga bisa melakukan pemapasan pada head pada mesin motor.
Proses ini bertujuan untuk memadatkan dan menaikkan kompres agar mesin motor lebih bertenaga.

Perlu diperhatikan untuk hal pemapasan head ini, kalau Kamu juga teknisi bengkel  tidak pahami benar motor Kamu, lakukan dengan ketelitian yang benar dan perhitungan yang tepat antara posisi head, booring juga bagian lain seperti busi, klep dan seher agar tidak terjadi tabrakan antara komponen itu.


3. Perbesar klep
Dalam hal ini untuk mesin motor empat tak, Klep digunakan untuk proses pengaturan pengisapan dan pembuangan (in - ex).
Dengan melakukan pembesaran pada klep (in - ex) maka napas dan tenaga akan lebih panjang maka lebih efisien dalam pembakaran.
Kamu bisa juga melakukan hal - hal dibawah ini:

Pembuatan head denan jumlah klep yang lebih banyak (3 klep).
Gunakan noken as yang berkualitas
Kamu dapat mengganti sistem perapian yang DOHC ini untuk sistem perapian yang SOHC dual valve.


4. Majukan timing pengapian.
Timing pengapian dapat dimajukan, ini berfungsi untuk mempercepat pembakaran pengapian, dan menghasilkan pembakaran yang lebih efisien.
Untuk memajukan timing pengapian sebiasanya Kamu mengganti komponen ini:

CDI: Menggunakan cdi dengan kurva yang lebih maju atau gunakan cdi yang pengapiannya dapat diatur.
Koil: Dapat digunakan yang nantinya yang akan membakar AFR pada ruang bakar.
Bahan bakar: Timing yang sudah dimajukan tidak akan menerima bahan bakar yang nilai oktan 88 seperti premium.
Kalau menggunakan premium hal ini akan membuat mesin kurang sempurna dalam hal pembakaran.


5. Rajin melakukan service.
Service pada mesin sepeda motor sangat penting dilakulan.
Lakukanlah service secara berkala sesuai petunjuk manual book sepeda motor.

Pada karbulator penting untuk selalu bersih dan juga komponen lain. Service penting yang harus dilakukan adalah:

Karbulator, pada komponen ini harus dilakukan pembersihan, bersihkan karburator dengan tuntas.
Pembersihan trak di areal head, ujung piston dan klep
Pembersihan busi, jika busi sudah rusak segera ganti busi dengan yang baru, kerena sulit sekali bagi mesin untuk proses pembakaran jika busi sudah rusak.


6. Ban terlalu besar
Jika Kamu menggunakan ban yang terlalu besar ini akan mengakibatkan beban mesin bertambah. Hindari penggunaan ban besar ini.

Pada dasarnya ban tidak berpengaruh besar dwngan ukuran terhadap keseimbangan motor Kamu.

Tetapi ban besar berpengaruh terhadap keborosan bahan bakar.
Pakailah ban ukuran standard dari motor Kamu, atau jika Kamu mau 
memodifikasi usahakan ban kecil.


7. Mengganti komponenen EDU atau ECM.
Saat ini produk sepeda motor sudah menggunakan fuel injection yang diatur dengan komponen komputer.

Motor yang menggunakan sistem pembakaran fuel injetion berarti memiliki EDU atau ECU untuk mengaturnya.

Gantilah EDU atau ECU yang lebih baik dan sesuai dengan motor Kamu.


Demikian cara menghemat dan menambah kecepatan sepeda motor Kamu, semoga bermanfaat dan membantu, terima kasih telah berkunjung.

Baca juga dibawah ini,

Belum ada tanggapan untuk "7 Cara Menghemat Atau Mengirit Minyak Dan Mengencangkan Motor"

Post a Comment